Apa Saja yang Telah Dilakukan UP PMPTSP Jakarta Utara dalam Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)?

Apa Saja yang Telah Dilakukan UP PMPTSP Jakarta Utara dalam Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)?

Pembangunan Zona Integritas di UP PMPTSP Jakarta Utara sudah memasuki tahun ketiga yang dimulai pada tahun 2021. Dalam pembangunan Zona Integritas ini beragam upaya dilakukan untuk benar-benar dapat memberikan Pelayanan Prima kepada masyarakat atau pengguna layanan. Jadi apa saja yang telah dilakukan ? Yuk kita lanjutkan membaca penjabarannya sebagai berikut.

1. Melaksanakan Internalisasi Pembangunan ZI- WBK WBBM Agar Setiap Pegawai Terus Menyadari Perannya sebagai Pelayan Masyarakat

Internalisasi ini dilaksanakan dalam rangka mengingatkan kembali akan pembangunan ZI WBK WBBM, dan bagaimana pelayanan terus dilaksanakan secara maksimal walaupun unit pelayanan mengalami perubahan – perubahan setelah adanya regulasi beru dari pemerintah pusat maupun adanya perubahan tugas dan fungsi pada struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) perangkat daerah. Dalam pembangunan Zona Integritas ini, spanduk maupun banner juga diperbarui agar suasana semangat di lingkungan kami selalu terjaga.

Pelaksanaan internalisasi ini dilaksanakan dengan mengulang kembali apa saja komponen pembangunan ZI WBK WBBM, sekaligus penandatanganan Pakta Integritas Zona Integritas WBK WBBM. Berikut foto – foto pelaksanaan penandatanganan Pakta Integritas dan Internalisasi pembangunan ZI WBK WBBM.

Penandatanganan Pakta Integritas dan Kegiatan Internalisasi

2. Inovasi Terus Dilanjutkan dan Dikembangkan Agar Semakin Bermanfaat Bagi Masyarakat/ Pengguna Layanan

Beragam inovasi PTSP Jakarta Utara terus dikembangkan, seperti Inovasi KOPILATE yang sedang rekan-rekan buka sekarang ini. Kepuasan pengguna layanan merupakan tujuan dari inovasi ini. Kemudahan dalam konsultasi kita berikan dengan cukup memasukkan email, masyarakat sudah dapat bertanya. Selain itu respon petugas layanan terhadap konsultasi yang masuk semakin cepat sehingga pengguna layanan ini tidak perlu berlama-lama dan gelisah dalam menjalankan aktifitas lainnya. Respon cepat senantiasa kami usahakan agar kualitas pelayanan secara online benar-benar membantu masyarakat agar tidak menghasbiskan waktu di jalan hanya untuk konsultasi yang hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Inovasi KOPILATE

3. Bentuk- Bentuk Pengawasan Terhadap Pegawai Ditingkatkan

Untuk membangun Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi tidak pernah lepas dari karakter masing – masing individu dalam Unit Kerja. Salah satu komponen pembangunan Zona Integritas adalah Area Pengawasan , yang merupakan komponen penting yang harus dijalankan. Unit Pelayanan kami terus melaksanakan pengawasan terhadapat petugas layanan melalu berbagai bentuk pengawasan seperti kewajiban untuk melaporkan Harta Kekayaan melalui eLHKPN KPK, memperbanyak media-media pengaduan online maupun offline, memberlakukan absen siang, pelaporan kepada pimpinan jika melaksanakan tugas survei lapangan ataupun rapat koordinasi di luar kantor, serta membuat penilaian kualitas petugas survei lapangan untuk diisi pemohon/ pengguna layanan agar tidak ada sikap menyimpang dari petugas lapangan yang tidak dapat dikontrol oleh pimpinan ketika menjalankan tugas di lapangan. Bentuk-bentuk pengawasan tersebut terlihat pada gambar di bawah.

Bentuk – Bentuk Pengawasan

Selain beragam bentuk pengawasan tersebut, telah dilakukan juga internalisasi mengenai bentuk-bentuk maladministrasi agar setiap pegawai mengetahui hal-hal yang semestinya dihindari dalam menjalankan tugas sebagai pelayan masyarakat. Terdapat 10 bentuk maladministrasi yang disadur dari website Ombudsman RI, telah disampaikan kepada pegawai agar terus dihindari dapat dilihat pada dokumen berikut.

4. Perbaikan Sarana dan Prasarana secara berkelanjutan

Yang dilakukan selanjutnya adalah perbaikan sarana dan prasarana secara terus menerus agar kepuasan masyarakat terus meningkat. Standar Pelayanan semakin mudah diakses dengan adanya bentuk fisik (offline) maupun online. Ruang Pelayanan semakin dimaksimalkan untuk mendukung masyarakat kaum rentan dengan membuat loket dan kursi khusus untuk disabilitas. Kenyamanan di ruang pelayanan juga semakin ditingkatkan dengan suhu ruangan yang dingin, disediakan pojok baca dan ruang bermain anak, ruang laktasi, disediakan air minum , tempat charge handphone, dan informasi-informasi pelayanan yang semakin lengkap baik di mading maupun pada meja pelayanan. Beberapa gambar perbaikan layanan dapat dilihat pada gambar berikut.

Beberapa pebaikan sarana dan prasarana

5. Menguatkan Core Values ASN BerAkhlak Melalui Bentuk -Bentuk Kegiatan Unit

Core Values atau Nilai Inti/ Budaya Kerja merupakan pondasi dalam membangun Pelayanan Prima kepada masyarakat. Budaya Kerja BerAkhlak yang telah diinternalisasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus kami pedomani dan kuatkan melalui kegiatan- kegiatan Unit. Bentuk pertama dalam Internalisasi Nilai BerAkhlak yang kami laksanakan adalah memajang Banner Nilai BerAkhlak di ruang pelayanan agar selalu terlihat oleh pegawai maupun masyarakat.

Penguatan nilai BerAkhlak pada Internal Unit dilakukan dengan membuat beragam acara yang dapat menguatkan kekompakan seperti “Rabu Ceria” yaitu kegiatan makan bersama yang dilakukan tiap akhir bulan dengan membawa makanan masing- masing yang nantinya akan dilakukan sarapan bersama dengan bertukar dan dinikmati secara bersama-sama. Selain itu juga “momen ulang tahun” setiap pegawai kami rayakan agar muncul rasa Harmonis di lingkungan kantor yang akan membawa semangat bersama terus-menerus dalam menjalakan pekerjaan. Contoh lain penguatan nilai BerAkhlak adalah menyaikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila secara bergantian tiap hari agar terus membangkitkan dan menguatkan rasa Nasionalisme dalam diri tiap pegawai. Pada sisi pelayanan, keramahtamahan terus kami berikan kepada masyarakat / pengguna layanan, sarana-prasarana terus ditingkatkan, dan percepatan pelayanan terus kami dorong dan usahakan. Berikut merupakan foto-foto beberapa kegiatan penguatan nilai ASN BerAkhlak.

Penguatan Nilai BerAkhlak

Itulah hal-hal yang telah kami laksanakan dalam pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan akan terus kami lanjutkan. Dukung kami untuk terus memberikan Pelayanan maksimal kepada masyarakat. Salam Integritas, Salam sehat bagi kita semua.

Apakah informasi ini membantu Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *